Efektivitas buku pop-up terhadap pemahaman kesehatan gigi anak berkebutuhan khusus

  • Nabila Rizkika Rumah Sakit Umum Kumala Siwi, Kudus
  • Sandy Christiono Departemen Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung

Abstract

Pendahuluan: anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami kelainan/penyimpangan (fisik, mental, social, emosional) dari kondisi normal. Kelainan tersebut berdampak pada berkurangnya kemampuan memfungsikan organ tubuhnya. Media yang tepat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan dalam menunjang kebutuhan pendidikannya terutama tentang kesehatan gigi. Media buku pop-up merupakan salah satu media visual tiga dimensi yang bisa menjadi alternatif sebagai media pembelajaran. Tujuan: untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku pop-up terhadap tingkat pemahaman kesehatan gigi pada anak berkebutuhan khusus. Metode: penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan non equivalent group with pre-post test design dan dilakukan pada 20 anak tunagrahita di SDLB Purwosari Kudus yang dibagi menjadi 2 kelompok, 10 anak penyuluhan dengan buku pop-up dan 10 anak sebagai kelompok kontrol penyuluhan dengan flip-chart. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis paired t-test. Hasil: terdapat peningkatan pengetahuan kesehatan gigi menggunakan media buku pop-up dan flipchart masing-masing dengan nilai p=0,000. Simpulan: penyuluhan dengan menggunakan media buku pop-up efektif terhadap peningkatan pemahaman kesehatan gigi anak berkebutuhan khusus terutama pada anak tunagrahita
Published
2018-03-01
How to Cite
RIZKIKA, Nabila; CHRISTIONO, Sandy. Efektivitas buku pop-up terhadap pemahaman kesehatan gigi anak berkebutuhan khusus. Indonesian Journal of Paediatric Dentistry, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 22-25, mar. 2018. ISSN 2615-7802. Available at: <http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/ijpd/article/view/310>. Date accessed: 15 sep. 2019.