Penatalaksanaan instrumen patah dalam saluran akar gigi sulung

  • Prima Agusmawanti Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Sandy Christiono Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Mutia Mandallassari Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang

Abstract

Latar Belakang: Pada saat melakukan perawatan saluran akar pada gigi sulung, kemungkinan terjadinya kecelakaan prosedural yang tidak diinginkan seperti patahnya instrumen dalam saluran akar bisa saja terjadi. Pengambilan fragmen instrumen yang patah dapat dilakukan dengan menggunakan teknik konvensional yang dikombinasikan dengan alat ultrasonic scaler, selain itu diperlukan akses dan visibilitas yang baik sehingga memudahkan operator  untuk mengeluarkan instrumen yang patah. Tujuan: laporan kasus ini adalah melaporkan keberhasilan pengambilan lentulo patah dengan mengunakan teknik konvensional yang dikombinasikan dengan alat ultrasonic scaler. Kasus: pasien perempuan usia 6 tahun dengan gigi 84 dilakukan perawatan saluran akar, namun terjadi patah lentulo pada saat prosedur obturasi. Perawatan: foto rontgen periapikal dilakukan untuk mengetahui posisi jarum lentulo yang patah dan didapatkan gambaran radiopak berupa fragmen lentulo pada saluran akar distal. Kemudian dilakukan pengambilan menggunakan teknik konvensional yang dikombinasikan dengan alat ultrasonic scaler. Setelah itu gigi dilakukan obturasi ulang, dan dilanjutkan dengan restorasi SSC. Setelah 1 bulan diamati secara radiografi dan klinis tidak ada keluhan dari pasien Simpulan: Pengambilan intrumen lentulo yang patah dengan menggunakan teknik konvensional yang dikombinasikan dengan alat ultrasonic scaler dapat digunakan sebagai salah satu cara alternatif untuk mengeluarkan intrumen yang patah sehingga  perawatan saluran akar dapat dilanjutkan hingga selesai.
Published
2018-07-01
How to Cite
AGUSMAWANTI, Prima; CHRISTIONO, Sandy; MANDALLASSARI, Mutia. Penatalaksanaan instrumen patah dalam saluran akar gigi sulung. Indonesian Journal of Paediatric Dentistry, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 204-109, july 2018. ISSN 2615-7802. Available at: <http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/ijpd/article/view/397>. Date accessed: 21 nov. 2019.