The Effectiveness of Education Using Virtual Reality Video Media on Oral Health Knowledge in Elementary School Students 10 Sungai Sapih, Padang City
Abstract
Introduction: Virtual reality (VR) is a technology that creates a simulated version of the real world. In recent years, VR has been increasingly utilized as a tool in education due to its potential to enhance the learning experience. One of the factors that causes oral health problems is the low level of knowledge of individual children. Objectives: this study aims to determine the effectiveness of education using virtual reality video media on dental and oral health knowledge in students of SDN 10 Sungai Sapih, Padang. Method: This is quasi-experimental research with a one-group pre-test post-test design. Convenience sampling was used to select 40 participants who met the inclusion criteria. Statistical analysis to determine the effectiveness of the use of VR media in increasing dental health knowledge using the Wilcoxon non-parametric test. Results: The study found that the average student knowledge score increased from 11.30 to 13.20 after using VR media for education. The Wilcoxon test results indicate a significant difference before and after the VR media intervention, with a p value of 0.000 (<0.05). Conclusion: The study concludes that the use of virtual reality video media in education is effective in improving oral health knowledge among students of SDN 10 Sungai Sapih, Padang City. VR media is very innovative to be implemented in the classroom, however it requires readiness from teachers and schools to support the success of the media.
References
Ratih, I. A. D. K. dan Yudita, W. H. 2019. Tingkat Pengetahuan. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(2), pp. 23–26.
Widyadhana, A. D., Hadi, S. dan Ulfah, S. F. 2022. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Cara Menyikat Gigi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(2), pp. 173–182.
Suratri, M. A. L., Sintawati, F. dan Andayasari, L. 2016. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Orang Tua tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Taman Kanak-kanak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Banten Tahun 2014. Jurnal Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 26(2), pp. 119–126.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI tahun 2018.
Dinas Kesehatan Kota Padang. 2020. Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2020.
Sutjipto, C., Wowor, V. N. S. dan Kaunang, W. P. J. 2013. Gambaran Tindakan Pemeliharan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Usia 10 – 12 Tahun Di Sd Kristen Eben Haezar 02 Manado. Jurnal e-Biomedik, 1(1), pp. 697–706.
Sabani, F. 2019. Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), pp. 89–100.
Nurlinda. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Menyikat Gigi pada Anak Usia Sekolah SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Yayasan Perawat Sulawesi Selatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Panakkukang. Makassar.
Marimbun, B. E., Mintjelungan, C. N. dan Pangemanan, D. H. C. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Status Karies Gigi pada Penyandang Tunanetra. e-GIGI, 4(2), pp. 0–5.
Pane, A. dan Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), p. 333.
Herawati, H. 2018. Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV(1), pp. 27–48.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Nubatonis, M. O. dan Ayatulah, M. I. 2019. Promosi Kesehatan Gigi dengan Menggunakan Media Leaflet terhadap Pengetahuan, Sikap, Status Kebersihan Gigi dan Mulut, Jurnal Kesehatan Gigi, 6(2), pp. 147–156.
Sulistyowati, S. dan Rachman, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), pp. 37–44.
Chang, A. H., Lin, P. C., Lin, P. C., Lin, Y. C., Kabasawa, Y., Lin, C. Y. and Huang, H. L. 2022. Effectiveness of Virtual Reality-Based Training on Oral Healthcare for Disabled Elderly Persons: A Randomized Controlled Trial. Journal of Personalized Medicine, 12(2).
Mawaddah, N., Arbianti, K. dan W, N. R. 2017. Perbedaan Indeks Kebutuhan Perawatan Periodontal (Cpitn) Anak Normal dan Anak Tunarungu. ODONTO : Dental Journal, 4(1), p. 44.
Abdillah, F., Riyana, C. dan Alinawati, M. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutcehnologia, 2(2), pp. 36–38.
Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartino, A. T. dan Ulpa, E. P. 2021. Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) Sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Semnas FKIP, 2.
Padilha, J. M., Machado, P. P., Ribeiro, A., Ramos, J. dan Costa. 2019. Clinical Virtual Simulation in Nursing Education: Randomized Controlled Trial. Journal of Medical Internet Research, 21(3).
Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Herlambang, P. M. dan Aryoseto, L. 2016. Potensi Virtual Reality Berbasis Smartphone sebagai Media Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran, 43(6), pp. 412–415.
Tarnalo. O. 2019. Gambaran Peningkatan Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Penyuluhan Media Instagram pada Siswa/i Kelas XI di SMAN 05 Bandar Lampung. Jurnal Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
Fardani, A. T. 2020. Penggunaan Teknologi Virtual Reality untuk Sekolah Menengah Pertama pada Tahun 2010-2020. Jurnal E-Tech, 8(1).
Laiskodat, S. A. 2020. Efektivitas Penyuluhan dengan Video Powerpoint dan Video Rekaman Terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Cara Menyikat Gigi.
Widyadhana, A. D., Hadi, S. dan Ulfah, S. F. 2022. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Cara Menyikat Gigi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(2), pp. 173–182.
Suratri, M. A. L., Sintawati, F. dan Andayasari, L. 2016. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Orang Tua tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Taman Kanak-kanak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Banten Tahun 2014. Jurnal Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 26(2), pp. 119–126.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI tahun 2018.
Dinas Kesehatan Kota Padang. 2020. Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2020.
Sutjipto, C., Wowor, V. N. S. dan Kaunang, W. P. J. 2013. Gambaran Tindakan Pemeliharan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Usia 10 – 12 Tahun Di Sd Kristen Eben Haezar 02 Manado. Jurnal e-Biomedik, 1(1), pp. 697–706.
Sabani, F. 2019. Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), pp. 89–100.
Nurlinda. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Menyikat Gigi pada Anak Usia Sekolah SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Yayasan Perawat Sulawesi Selatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Panakkukang. Makassar.
Marimbun, B. E., Mintjelungan, C. N. dan Pangemanan, D. H. C. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Status Karies Gigi pada Penyandang Tunanetra. e-GIGI, 4(2), pp. 0–5.
Pane, A. dan Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), p. 333.
Herawati, H. 2018. Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV(1), pp. 27–48.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Nubatonis, M. O. dan Ayatulah, M. I. 2019. Promosi Kesehatan Gigi dengan Menggunakan Media Leaflet terhadap Pengetahuan, Sikap, Status Kebersihan Gigi dan Mulut, Jurnal Kesehatan Gigi, 6(2), pp. 147–156.
Sulistyowati, S. dan Rachman, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), pp. 37–44.
Chang, A. H., Lin, P. C., Lin, P. C., Lin, Y. C., Kabasawa, Y., Lin, C. Y. and Huang, H. L. 2022. Effectiveness of Virtual Reality-Based Training on Oral Healthcare for Disabled Elderly Persons: A Randomized Controlled Trial. Journal of Personalized Medicine, 12(2).
Mawaddah, N., Arbianti, K. dan W, N. R. 2017. Perbedaan Indeks Kebutuhan Perawatan Periodontal (Cpitn) Anak Normal dan Anak Tunarungu. ODONTO : Dental Journal, 4(1), p. 44.
Abdillah, F., Riyana, C. dan Alinawati, M. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutcehnologia, 2(2), pp. 36–38.
Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartino, A. T. dan Ulpa, E. P. 2021. Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) Sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Semnas FKIP, 2.
Padilha, J. M., Machado, P. P., Ribeiro, A., Ramos, J. dan Costa. 2019. Clinical Virtual Simulation in Nursing Education: Randomized Controlled Trial. Journal of Medical Internet Research, 21(3).
Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Herlambang, P. M. dan Aryoseto, L. 2016. Potensi Virtual Reality Berbasis Smartphone sebagai Media Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran, 43(6), pp. 412–415.
Tarnalo. O. 2019. Gambaran Peningkatan Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Penyuluhan Media Instagram pada Siswa/i Kelas XI di SMAN 05 Bandar Lampung. Jurnal Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
Fardani, A. T. 2020. Penggunaan Teknologi Virtual Reality untuk Sekolah Menengah Pertama pada Tahun 2010-2020. Jurnal E-Tech, 8(1).
Laiskodat, S. A. 2020. Efektivitas Penyuluhan dengan Video Powerpoint dan Video Rekaman Terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Cara Menyikat Gigi.
Published
2023-12-29
How to Cite
DM, Hafizah Oulya; ARMA, Utmi; NINGRUM, Valendriyani.
The Effectiveness of Education Using Virtual Reality Video Media on Oral Health Knowledge in Elementary School Students 10 Sungai Sapih, Padang City.
Journal of Indonesian Dental Association, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 87-92, dec. 2023.
ISSN 2621-6175.
Available at: <http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/jida/article/view/1040>. Date accessed: 26 dec. 2024.
doi: https://doi.org/10.32793/jida.v6i2.1040.
Section
Research Article
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.