Panduan Praktik Klinis Ilmu Penyakit Mulut Edisi ke-1

Kolegium Ilmu Penyakit Mulut Indonesia Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia

  • Prof. Dr. Diah Savitri Ernawati, drg., Sp.PM.(K)
  • Prof. Rahmi Amtha, drg., MDS, Sp.PM., Ph.D
  • Dr. Endah Ayu Tri Wulandari, drg., Sp.PM
  • Dr. Febrina Rahmayanti, drg., Sp.PM.(K)
  • Dr. Remita Adya Prasetyo, drg., Sp.PM
  • Masita Mandasari, drg., Sp.PM., Ph.D
  • Ade Puspa Sari, drg., Sp.PM.
  • Ambar Kusuma Astuti, drg., Sp.PM
  • Anandina Irmagita, drg., Sp.PM.(K)

Abstract

KATA PENGANTAR
KETUA IKATAN SPESIALIS PENYAKIT MULUT INDONESIA
 
Puji syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya yang amat besar sehingga buku Panduan Praktik Klinis (PPK) Ilmu Penyakit Mulut dapat diselesaikan. Buku panduan ini berisikan kumpulan penyakit yang mempunyai tanda klinis atau manifestasi dalam rongga mulut. Tidak kurang dari 123 penyakit dibahas secara terstruktur mulai dari terminologi, definisi, anamnesis hingga tata laksanatermasuk klasifikasi penyakit menurut ICD-10 (untuk diagnosis) dan ICD-9 (untuk prosedur tindakan) sebagai rujukan para teman sejawat Spesialis Penyakit Mulut saat melakukan pelayanan. Bidang Ilmu Penyakit Mulut merupakan salah satu bidang yang dapat menjadi perantara antara dunia Kedokteran gigi dan dunia Kedokteran. Sebagian besar kelainan/penyakit pada tubuh manusia dapat memberikan tanda/gejala klinis atau subjektif pada rongga mulut.
Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia saat ini memiliki anggota kurang lebih 141 orang tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Keterlibatan anggota dalam institusi pendidikan, pusat pelayanan kesehatan dan struktural pemerintahan, menjadikan buku ini sangat penting artinya bagi seluruh anggota itu sendiri yang jumlahnya masih sangat minim jika dibandingkan jumlah rakyat Indonesia. Selain sebagai pusat rujukan kedalaman kompetensi profesi spesialis penyakit mulut, buku ini juga dapat dijadikan rujukan bagi sejawat dari berbagai disiplin ilmu kedokteran dan kedokteran gigi. Selain itu buku ini dapat menjadi pegangan teman-teman sejawat dalam melakukan tugasnya sehari-hari di bidang Ilmu Penyakit Mulut, baik yang bekerja di Institusi Pendidikan, Pusat Pelayanan Kesehatan maupun struktural di pemerintahan. Dengan semangat yang amat besar, anggota ISPMI yang berasal dari berbagai unsurbersama-sama membantu menyusun buku ini sehingga diharapkan sesuai dengan kondisi di lapangan dan kemajuan keilmuan.
Kami sadari kemungkinan buku ini masih jauh dari sempurna apalagi jika dilihat dari sisi kemajuan jaman seperti perubahan fisik, biologis dan teknologi maka sudah dapat diperkirakan diperlukan edisi-edisi selanjutnya untuk menyesuaikan dengan perubahan-perubahan tersebut. Namun melihat semangat yang besar dari seluruh anggota ISPMI dalam menyelesaikan buku ini, maka dapat dipastikan hal itu akan menjadi sesuatu yang tidak mustahil dan selalu ditunggu-tunggu.
Pada kesempatan ini, Saya ucapkan terima kasih kepada Dr. H.M. Hananto Seno, drg., Sp.BM.(K)., MM., sebagai Ketua Umum PB PDGI dan jajarannya yang telahmendukung penerbitan dan memberikan ijin agar buku panduan ini berada di bawah naungan organisasi besar tercinta kita Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Selain itu kepada seluruh teman-teman tim penyusun serta editor buku ini, semangatnya menunjukkan rasa kepemilikan anda yang besar terhadap profesi dan organisasi kita. Semoga Allah membalas semua komitmen dan kerja keras teman-teman semuanya. Aamiin ya rabbal’aalamiin.
 
Jakarta, 14 Agustus 2020
Prof. Rahmi Amtha, drg., MDS., Sp.PM., Ph.D.
Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut IndonesiaPeriode 2017-2020
Published
2020-11-02
How to Cite
DRG., SP.PM.(K), Prof. Dr. Diah Savitri Ernawati, et al. Panduan Praktik Klinis Ilmu Penyakit Mulut Edisi ke-1. Monograph Press, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-467, nov. 2020. Available at: <http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/monograph/article/view/630>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32793/monograph.v1i1.630.
Section
Articles