TELEDENTISTRY

  • Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes
  • Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes, PBO

Abstract




 
KATA PENGANTAR





             Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya telah diterbitkan buku berjudul “Teledentistry”. Buku ini dibuat sebagai bahan pegangan bagi dokter gigi, mahasiswa kedokteran gigi maupun tenaga kesehatan gigi lainnya dalam meningkatkan pengetahuan terhadap teledentistry. Teledentistry mengacu pada penggunaan sistem dan metodologi telehealth dalam kedokteran gigi. Telehealth mengacu pada berbagai macam teknologi dan strategi untuk memberikan layanan medis, kesehatan, dan pendidikan secara virtual. Penerapan teledentistry bertujuan untuk menghasilkan efisiensi pada pelayanan, pendidikan dan penelitian, menyediakan akses ke masyarakat yang kurang terlayani, meningkatkan kualitas perawatan dan mengurangi masalah kesehatan gigi dan mulut.
 
Atas dasar itulah, maka dalam buku ini lebih menitikberatkan tentang apa dan bagaimana teledentistry dapat dimanfaatkan oleh para pembaca. Pada buku ini berisi sejarah teledentistry, metoda komunikasi dan sub teledentistry, persyaratan teknologi, teledentistry untuk dokter gigi, teledentostry pada pendidikan kedokteran gigi, teledentistry pada kesehatan gigi masyarakat, etika pada teledentistry, keuntungan dan kerugian teledentistry, serta komunikasi efektif pada aplikasi teledentistry.
             Akhir kata diharapkan dengan diterbitkannya buku “Teledentistry” dapat membantu para dokter gigi, mahasiswa dan tenaga kesehatan gigi lainnya di Indonesia agar dapat menggunakannya sebagai acuan atau referensi di dalam mengimplementasikan “Teledentistry” dalam kegiatan sehari-harinya baik dalam kegiatan pelayanan kesehatan gigi, pendidikan dan penelitian
             Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan ilmu kedokteran gigi, dan dapat memicu para insan-insan kesehatan untuk lebih giat menciptakan karya-karya ilmiahnya berupa buku-buku referensi yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu kedokteran gigi.
Jakarta, 8 Desember 2020





Penulis

Author Biographies

Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes
         
Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes, PBO
 
Published
2020-11-02
How to Cite
M.KES, Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti,; PBO, Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes,. TELEDENTISTRY. Monograph Press, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2020. Available at: <http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/monograph/article/view/778>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles