Announcements

Jurnal PDGI hanya menerima naskah asli yang belum diterbitkan di dalam maupun di luar negeri. Naskah dapat berupa penektian, laporan kasus, konsep-konsep pemikiran inovatif hasil tinjauan pustaka yang bermanfaat untuk menunjang kemajuan pendidikan dan praktek dokter gigi. Naskah dapat di tuiis dalarn bahasa Indonesia atau bahasa tnggris dengan gaya bahasa efektif dan akademis.

1. Naskah hasil penelitian hendaknya disusun menurut sistematIka sebagai berikut :

  •  Judul, hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ringkasan judul (tidak lebih dari 40 karakter) hendaknya juga disertakan.
  • Nama-nama Penulis, disertai catatan kaki tentang profesi dan instansi tempat penulis bekerja.
  • Abstrak, ditulis dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata, dan merupakan intisari seluruh tulisan, mellputi: masalah, tujuan, metode, hasil dan simpulan. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata-kata kunci (key words).
  • Pendahuluan, meliputi latar belakang masalah, rurnusan masalah serta tujuan penelitian dan manfaat untuk waktu yang akan datang.
  • Bahan dan Metode, berisi penjelasan tentang bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan, waktu, tempat, teknik, dan rancangan percobaan. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang. Acuan (referensi) diberikan pada metode yang kurang dikenal.
  • Hasil, dikemukakan dengan jelas bila perlu dengan ilustrasi (lukisan, grafik, diagram) atau foto. Hasil yang telah dijelaskan dengan tabel atau ilustrasi tidak perlu dluraikan panjang-lebar dalam teks. Garis-garis vertikal maupun horisontal dalam tabel dibuat seminimal mungkin, agar memudahkan penglihatan. Persamaan Matematis dikemukakan dengar jelas. Jika simbol matematis tidak ada pada mesin tik dapat ditulis menggunakan pensil/pena dengan hati-hati. Kalau perlu beri keterangan simbol dengan tulIsan tangan (pensil tipis). Angka desimal ditandai dengan koma untuk bahasa Indonesia dan titik untuk bahasa Inggris. Tabel diberi nomor dan diacu berurutan denga teks, judulnya harap ditulis dengan singkat dan jelas. Keterangan diletakkan pada catatan kaki, tidak boleh pada judul. Semua singkatan atau kependekan harap dijelaskan pada catatan kaki.
  • Pembahasan, menerangkan hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaandengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya.
  • Ucapan terima kasih, dapat ditujukan pada semua pihak yang membantu bifa memang ada dan harus diterangkan sejelas mungkin. Diletakkan pada akhir naskah, sebelum daftar pustaka.
  • Daftar Pustaka, disusun menurut sistem Vancouver. Setiap nama pengarang diberi nomor urut sesuai dengan urutan perrunculannya dalam naskah, dan mencanturnkan (a) untuk buku: nama-nama penulIs, editor (bila ada), judul lengkap buku, kota penerbit, tahun penerbitan, volume, edisi dan nornor halaman. (b) untuk terbitan berkala: nama-nama penulls, juclul tuIisan, judulterbitan (disingkat sesuai dengan Index Medicus), tahun penerbitan, volume dan nomor halarnan.
 
  • Contoh penulisan daftar pustaka:
  1. Grimes EW. A use of freeze-dried bone in Endodontics. J Endod. 1994; 20: 355-6.
  2. Cohen S, Burns RC. Pathways of the pulp. 5th ed. St Louis: Mosby Co. 1994; p. 123-47.
  3. Morse SS. Factors in the emergence of infectious disease. Emerg Infect Dis [serial online] 1995 Jan-Mar; 1(1):[24 screensi. Available from: URL:http://www/cdc/govincidoc/EID/eid.htm, Accessed December 25, 1999.
  4. Bennett GL, Horuk R. lodination of chernokines for use receptor binding analysis. ln: Horuk R, editor. Chemaking receptors. New York: academic Press. 1997; p. 134-48.
2. Naskah Tinjauan Pustaka disusun menurut sistematika sebagai berikut :Judul, Nama penulis, Abstrak, Pendahuluan, Sub judul, Pembahasan, dan Kesimpulan.
 
3. Naskah Laporan Kasus disusun menurut sistematika sebagai berikut : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kasus, Tatalaksana Kasus, Pembahasan, Kesimpulan.
  • liustrasi, dapat berupa lukisan, grafik atau digram diberi nomor dan diacu berurutan pada teks, Keterangan diberikan dengan singkat danjelas di bawah ilustrasi (tidak di dalam ilustrasinya).
  • Foto hitam putih/berwarna harus kontras, tajam, jelas dan di atas kertas mengkilap, Ukuran terkecil adalah 125 x 195 mm.
  • Naskah yang dikirim ke redaksi henctaknya diketik dalam disket dengan program MS Word, disertai cetakan pada kertas HVS ukuran (210 x 297 mm) 6-12 halaman. Naskah diserahkan rangkap tiga (satu asli dan dua salinannya). Naskah dapat diedit redaksi tanpa mengubah isi untuk disesuaikan dengan format penulisan yang telah ditetapkan oleh Jurnal PDGI. Naskah yang telah diterima beserta semua ilustrasi yang menyertainya menjadi milik sah penerbit, serta tidak dibenarkan untuk diterbitkan dimanapun, baik secara keseluruhan atau sebagian, dalam bentuk cetakan maupun elektronika tanpa ijin tertulis dari penerbit. Semua data, pendapat, atau pernyataan yang terdapat pada naskah adalah merupakan tanggung jawab penulis. Penerbit, Dewan Redaksi, dan seluruh staflurnal PDGI tidak bertanggung jawabatau tidak bersedia menerima kesulitan maupun masalah apapun sehubungan dengan konsekuensi dari ketidak akuratan, kesalahan data, pendapat, rnaupun, pernyataan tersebut.

Pedoman Penulisan Naskah

 
Jurnal PDGI hanya menerima naskah asli yang belum diterbitkan di dalam maupun di luar negeri. Naskah dapat berupa penektian, laporan kasus, konsep-konsep pemikiran inovatif hasil tinjauan pustaka yang bermanfaat untuk menunjang kemajuan pendidikan dan praktek dokter gigi. Naskah dapat di tuiis dalarn bahasa Indonesia atau bahasa tnggris dengan gaya bahasa efektif dan akademis.  
Posted: 2015-03-18 More...
 
1 - 1 of 1 Items